Horas, Situmorang.net

Situmorang.net adalah media kumpul-kumpul dan berbagi informasi, khususnya bagi kita yang bermarga Situmorang dan suku Batak pada umumnya.

Ide untuk membuat media ini sebenarnya sudah lama, salah satunya adalah diskusi yang terjadi di group Situmorang Family di Facebook di 2008 lalu. Pada saat itu aku punya nama domain situmorang.web.id, dan mengajak yang lain untuk memulai sebuah media non-facebook untuk keluarga besar situmorang. Hanya saja karena sedikit yang menanggapi dan aku sendiri tidak punya banyak waktu luang untuk membangun media ini, akhirnya berakhir sebatas konteks diskusi.

Pada awal 2009 ini Azer Situmorang mengajakku untuk merealisasikan satu media untuk keluarga besar situmorang. Hal ini didukung momen yang tepat pula, mengingat saat itu nama domain situmorang.net sedang tersedia, dan teman kerja ku melayani penjualan domain dan hosting, jadi untuk reservasi bisa dilakukan dalam satu hari. Meskipun pasca reservasi sempat terbengkalai akhirnya ku coba memulai instalasi dan konfigurasi semuanya.

Kontributor
Yang menjadi kontributor untuk Situmorang.net adalah:

Tertarik untuk jadi kontributor? SIlahkan tinggalkan komentar lengkap dengan email dan informasi lainnya, ok.

Konten
Untuk saat ini, kita belum memiliki/membuat ketentuan baku (guidelines) terkait konten, kasarnya: masih seenak kontributor. Sesuka hati tapi tetap menghormati adat dan aturan main. Kembali ke konten, yang terpikirkan untuk saat ini mungkin isu seputar Pemilu 2009 yang akan datang. Katakanlah opini tentang kondisi kampanye di lapangan, opini mengenai debat antar partai yang ada di televisi (yang seakan tak ada habisnya), dan mungkin akan lebih menarik kalau bisa kita jadikan bahan diskusi (bisa disini, atau di facebook, bebas saja).

Tidak terbatas ke isu-isu sosial dan lingkungan; hobby, kreatifitas (dan hal positif lainnya) juga bisa kita jadikan konten, misalnya Marina Situmorang dengan photo gallery-nya mungkin bisa berbagi foto plus pengalaman saat photo hunting nya disini. Siapa tahu ada yang tertarik untuk hire dia kedepannya. 🙂

Artikel, essay, atau pengumuman bisa disampaikan dengan meninggalkan komentar di kritik, saran, dan masukan.

Perlu diingat, definisi kontributor disini adalah sebagai penulis, editor, programmer (mungkin), dan bukan mengikuti definisi kontributor yang ada pada WordPress.

Lain-lain
Doman, hosting, dan maintenance masih bisa ku handle sendiri. Meskipun saat ini masih menggunakan hosting pada server IIX (yang ternyata rss feeds-nya tidak bisa di fetch sama feedburner dan google reader), tapi bulan depan akan secepatnya ku migrasi ke perusahaan hosting yang punya server di luar negeri.

Dalam Situmorang.net ini (diharapkan) tidak ada iklan-iklan komersil, karena memang tidak bertujuan untuk menghasilkan uang. Kembali ke tujuan dasar dibuatnya media ini yaitu untuk kumpul-kumpul dan berbagi informasi.

~

Sebagai penutup, semoga media ini benar-benar berguna untuk kita semua. Respon dari abang/kakak/amang/inang amat sangat berarti untuk perkembangan kedepan.

Regards,
Leonardo Situmorang

21 thoughts on “Horas, Situmorang.net

  1. ade br situmorang

    Horas..
    pertama tau situmorang.net ini gara2 baca comment status fesbuknya ito azer dari leo..kubuka lah lewat hp dengan kapasitas yg terbatas,berharap2 cemas apa bener ada ato ga hahahahaha tnyata jreng jreng jrengg ada bo! dlm lubuk hatiku yg paling dalam (cieee..) smoga situmorang.net ato situmorang.info ga cm jd wadah di dunia maya aja,tp bs ke real worldnya.sbagai info aja,aku kenal ma leo itu lewat punguan mini di kantorku tmpt bkerja.dah sering ktemu,n totally dia bener2 ganteng hahahaha..bukan promosi tp emang knyataan (ehem ehem..) Dan aku kenal ama ito azer lewat horas batak dal.net,n guess what?!tnyata ni anak dua udah punya hub special berdua (hahahaha martabak kali special!) Ternyata oh ternyata leo ganteng itu punya hubungan yg serius dgn ito azer xixixixi..So guys,theres a small world..dunia itu ga seluas seperti yg kubayangin..Yux kita ketemuan,makan2,nongkrong2 gt,biar situmorang itu ga kenal lewat nama doang..kali2 aja kan terbuka ksempatan lebar utk karir,bisnis,etc..jadi akhir kata,sukses buat situmorangs!
    Horas

    Reply
  2. Leonardo

    Halo kak Ade. 🙂

    Si kakak yang satu ini bisa aja. Aku kenal bang Azer juga via IRC (Internet Relay Chat). Belum pernah ketemu langsung dan baru belakangan tahu bahwa dia pemilik Situmorang.info

    Kalau masalah ganteng, itu relatif. Haha.

    Yux kita ketemuan,makan2,nongkrong2 gt,biar situmorang itu ga kenal lewat nama doang..kali2 aja kan terbuka ksempatan lebar utk karir,bisnis,etc..jadi akhir kata,sukses buat situmorangs!

    Betul sekali itu. Setuju banget.
    Hayo bang Azer, kapan ke Jakarta? 😀

    Reply
  3. joantele

    Horas..
    baru tau klo t4 nongkrongan parude-rude udah ada ya.
    ide yang bagus tho
    boleh gabung khan

    Reply
  4. Antonius situmorang

    Kebetulan yg membawa suka cita..!
    Itulah kalimat pertama yg ingin kulontarkan buat appara leonardo. Berawal dr fb sampai akhirnya ke situmorang.net.
    Akhirnya ada jg wadah buat kita2 situmorang buat sharing, kumpul2 atau sekedar corat coret disini.
    Saat ini blm ada ide buat nambahin content, mudah2 bs dpt ilham nantinya..
    Well done brother…

    Reply
  5. Roslin Situmorang

    horas ma di hita sude situmorang

    1x kale liat situmorang.net ini pas lagi iseng – iseng cari lirik lagunya Nahum situmorang, trus nemu deh situmorang.net yang menurutku setelah baca masih newbie.

    Mantab bah. Tapi masih bingung nih dengan penjelasan mengenai “Perlu diingat, definisi kontributor disini adalah sebagai penulis, editor, programmer (mungkin), dan bukan mengikuti definisi kontributor yang ada pada WordPress.”

    Maksudnya apa ya? Moderator ya? atau ******?

    Sekalian mau beritahukan bahwa minggu ini tanggal 28 Juni 2009 akan diadakan pesta situmorang sedunia di jakarta ini. Mudah -mudahan berjalan dengan sukses, dan bagi semua kaum situmorang ayo meramaikan pesta ini dengan meriah tetapi tetap harus batas yang ada di adat kita batak.

    Oke,

    Eh, buat ito admin, tolong ya kebingungan saya diperjelas penjelasannya.

    oh ya, klo mau kirim cerita atau ide kemana ya?

    Reply
    1. admin

      Terima kasih ito/appara,

      Maksud ku tentang kontributor lebih ke kontribusinya. Berbeda dengan istilah contributor yang ada di wordpress.
      Kontribusi kan bisa jadi penulis, atau jadi editor, atau bahkan programmer (menambah fitur, edit theme, etc).

      Kirim cerita atau ide? Coba register aja dulu ito/appara. Nanti aku approve, jadi bisa langsung tulis disini juga.

      Demikian.

      Reply
  6. Roslin Situmorang

    ito, dah aq register dan dah dapat username and passwordnya, tapi pada saat login, ga bisa, error gitu, soalnya ada masalah dengan passwordnya, dan dah aq coba bbrp kali tetap gagal, ini juga pernah kejadian ama ku, pas mau buat blogku.

    jadi gimana dong?
    padahal aq pengen join dan ambil bagian.

    yahhh

    Reply
  7. Jhohanes Situmorang

    Horas ma tu hamu angka amang dohot inang, appara, ito, lae2 hamu na sude ganupan ma na adong dison.

    dison adong sukkun-sukkunhu.
    Boa do carana asa boi iba joint gabe member diweb on..??

    Mauliate godang da.

    Horas…horas…horas…

    Reply
  8. Situmorang SipituAma

    Horas.

    Amang, inang, abang, adek, appara..

    Au Asli sian Aek kanpoan, alai sian 2003 sahat tu sadarion kuliah dope au di Jogja.

    Alai adong kerinduanhu naeng papunguhon sude profilta Pomparan Ompu Tuan Situmorang na adong di portibion.

    Horas dihita saluhutna.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *